-->

13 Cara Membuat Artikel SEO Berkualitas untuk Website Anda



Cara membuat artikel yang baik bagi pemula merupakan sesuatu yang sangat dianjurkan oleh para master SEO.
karena kenapa ? 
karena SEO adalah mesin optimasi yang dimiliki oleh google yang sampai sekarang algoritmanya semakin diperbaiki. Maka sebagai para penulis konten bagi para blogger, terutama blogger pemula harus anda simak sebaik mungkin jika anda ingin memiliki kualitas konten artikel yang SEO.

Cara Membuat Artikel SEO sering kali diabaikan oleh para blogger pemula, sehingga website yang diciptakan juga tidak dapat menembus banyak pengunjung. Maka disini buat para blogger pemula anda harus tahu cara terlebih dahulu bagaimana cara membuat artikel yang berkualitas menurut SEO.

Alangkah baiknya anda baca dulu  !!!

Apa Itu SEO ?


Cisewu Media akan memberikan cara termudah bagi siapa saja yang ingin mempelajari tentang artikel SEO, kami ini menyajikan cara tersebut dengan banyak penelitian di kota bandung bersama KaiaMedia Bandung. cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan bisa dipraktikan tanpa ribet dan susah asalkan para blogger merasa serius jika ingin membuat artikel SEO yang berkualitas. 

Ada beberapa cara untuk membuat artikel SEO yang baik dan berkualitas bagi website anda silahkan simak dan pelajari.

1.Ketahui terlebih Dahulu Peminat Pembaca

Para pembaca di dunia tentu banyak sekali, tidak terlepas dari peminat yang ingin membaca konten website anda yang memiliki isi artikel yang berkualitas sehingga niat para pembaca berpotensi besar terhadap konten yang anda buat. 

Kenapa anda harus mengetahui terlebih dahulu peminat pembaca ? 

karena dalam dunia digital sendiri mau tidak mau anda harus mengetahui terlebih dahulu minat para pembaca, mereka mau baca isi seperti apa, maka dari sini anda mau tidak mau harus bisa membuat konten yang bisa di baca dan mengerti oleh usia yang relatif dari 15 sampai 60 tahun. Karena minat pembaca dari usia 15 sampai 30 tahun itu semakin besar dan usia 31 sampai 60 apakah niat pembaca besar apa tidak ? pastinya akan banyak juga para pembaca di usia yang seperti itu.

Terus konten apa saja yang harus di sajikan agar menembus usia 15 sampai 30 tahun ?

Pastinya tentang tips and trik, tutorial, cara-cara,  itu akan berpeluang besar bagi para pembaca karena di usia seperti itu adalah usia yang dimana karakter orang memiliki sifat ingin tahu.. Maka anda harus bisa berpintar-pintar dalam menyajikan konten yang berkualitas bagi yang usia antara 15 sampai 30 tahun.

Terus konten apa saja yang harus di sajikan agar menembus usia 31 sampai 60 tahun ?

Pada dasarnya memang usia diatas itu sudah termasuk katagori usia dewasa yang dimana mereka banyak mencari informasi-informasi yang bermanfaat bagi dirinya tentunya mereka senang dengan sebuah informasi-informasi terbaru meliputi berbagai macam hal. Maka jika anda ingin membuat artikel yang ingin banyak di baca oleh orang yang sudah dan diatas usia 31 sampai 60 tahun maka buatlah informasi-informasi terbaru dan memberikan manfaat bagi mereka.

2. Ketahui Karakter para Pembaca

Mengetahui karakter para pembaca adalah hal yang utama, karena kenapa ? karena karakter pembaca itu berbeda-beda maka anda harus bisa berpikir luas, banyak para pembaca usia muda atau para pembaca usia tua. Maka dari itu anda harus bisa menyajikan konten yang berguna bagi kalangan mana yang paling banyak di baca. 
Repot juga ya.......

Memang sangat repot gan buat artikel itu butuh kesabaran, bila para pembaca banyak yang dari usia muda maka anda mau tidak mau bisa menyajikan konten yang sangat relevan dan bisa berguna bagi mereka. Maka disini juga anda harus bisa membuat topik yang berbeda untuk usia muda dan usia tua. 

Tujuan dari anda mengetahui karakter para pembaca adalah untuk menentukan dan membuat artikel yang berkaitan dengan usia untuk kalangan muda dan kalangan tua.

3. Gunakan Judul yang Menarik Perhatian Pembaca

Mau tidak mau jika anda mau bersaing dengan website lainnya maka anda harus buat judul konten yang menarik perhatian para pembaca. 

Memang karakter para pembaca sebelum membaca isinya mereka membaca terlebih dahulu judul konten tersebut daripada isinya jika isinya dapat dipahami maka mereka terus membaca sampai selesai tetapi jika sebaliknya isi konten tersebut tidak sesuai dengan judul maka mereka para pembaca akan cepat lari.
Maka kita juga dalam membuat konten berkualitas harus bisa berkaitan dengan judul jangan sampai bertolak belakang.

4. Jangan Ikuti saran Buru Bahasa Indonesia

Hal ini memang menjadi perdebatan di dunia digital, karena kenapa jangan ikuti saran guru bahasa indonesia ? karena para pembaca di dunia digital memang berbeda sekali di dalam dunia nyata, dalam dunia digital para pembaca sibuk mencari ide pokok pembahasan daripada pembahasan lainnya. Maka dari saat ini anda buat artikel dengan paragraf maksimal terdiri 5 sampai 7 baris, jangan sampai terlalu panjang.

Karena kenapa ? karena karakter pembaca akan cepat males dan lelah terhadap penglihatan jika anda membuat artikel dalam 1 paragraf terdiri lebih dari 10 baris. Maka dari itulah anda  buat artikel dengan terdiri maksimal 5 – 7 baris dalam setiap paragraf dengan memiliki ide pokok tertentu, bila tidak ada ide pokok sama sekali maka saya akan beri nilai 0 buat anda.

5. Gunakan Ukuran dan Jenis Font

Menggunakan ukuran dan jenis font juga adalah hal yang sangat penting, karena kenapa ? karena para pembaca lebih suka membaca dengan huruf yang mudah dibaca daripada huruf yang susah untuk di baca. 

Dalam kata lain. Anda membuat artikel yang berkualitas tetapi anda menggunakan huruf yang susah untuk dibaca maka para pembaca akan cepat lari walaupun isi tersebut berkualitas dan berbobot.

Maka mau tidak mau anda harus bisa mengatur ukuran dan jenis font artikel anda. Karena anda akan sia-sia jika membuat artikel berbobot tetapi menggunakan font yang susah dibaca. Maka hal ini harus anda perhatikan juga.

6. Buat Artikel yang Berbobot dan Berkualitas

Point ini adalah point inti yang harus anda perhatikan. Artikel berbobot adalah artikel yang memiliki segudang manfaat bagi para perbaca, isi konten yang disajikan sangat baik, mudah dimengerti, mudah dipahami sehingga anda harus buat artikel yang bermanfaat bagi para pembaca, karena karakter para pembaca lebih suka konten yang bisa memberikan manfaat kepada para pembacanya sendiri.

Tidak terlepas dari yang lain, anda juga harus bisa membuat artikel yang berkualitas, dalam artian anda harus membuat artikel karya sendiri tanpa “Copy Paste”  dari website orang lain. Dalam arti berkualitas adalah konten yang memiliki nilai yang bisa disajikan kepada pembaca, sehingga pembaca bisa memberikan nilai kepada konten yang anda buat dengan cara membacanya.

7. Gunakan Keyword yang Baik dan Tepat

Menggunakan keyword adalah hal yang paling utama, karena dengan menggunakan keyword juga akan memberikan nilai yang baik bagi website anda untuk bisa mengeser website lain. Menggunakan keyword yang baik dan tepat itu adalah menggunakan keyword yang topiknya banyak di baca, jika anda ingin pengunjung setiap hari melebihi 10.000 pengunjung maka coba anda buat artikel dengan keyword yang banyak di cari oleh para pembaca.

Dengan menggunakan keyword yang baik dan tepat akan berpotensi website anda naik rank/peringkat di google, tentunya artikel tersebut harus banyak dibaca oleh para pembaca baru bisa naik posisi.

8.  Gunakan Keyword dalam Judul Artikel

Menggunakan keyword dalam judul artikel memang jarang diketahui orang, maka dari sinilah Cisewu Media akan memberikan tip dan triknya bagi anda semua.
Taruh salah satu keyword kedalam judul postingan, namun jangan anda pahami judul adalah keyword, itu salah. 
Misalkan Keyword nya "Cara Mempercantik Wajah" 
Maka judulnya " Cara mempercantik wajah secara alami"  itu salah satu contohnya, dan alangkah baiknya keyword tersebut diletakan di awal kalimat judul agar mesin pencari google bisa mencari isi website anda dengan mudah.

9. Gunakan 3 sampai 4 Keyword

Dalam membuat artikel anda tidak boleh menggunakan keyword terlalu banyak karena, hal negatifnya adalah pembaca juga susah memahaminya, dan optimasi di googlenya jelek juga. Maka coba anda dari sekarang buat artikel yang di dalamnya terdapat 3 sampai 4 keyword.

Dimana keyword diletakannya ?
Keyword pertama letakan di awal
Keyword kedua letakan di tengah
Keyword ketiga letakan di akhir
Keyword ke empat letakan secara acak.

10. Periksalah Tata Bahasa dan Ejaan Tulisan

Hal ini juga adalah yang sangat penting karena kenapa ? kerana pembaca lebih senang dengan memiliki tulisan tata bahasa dan ejaan yang mudah dimengerti. 

Buat apa anda membuat artikel berbobot dan berkualitas jika anda menulis saja tidak bisa dan ejaan salah. Itu akan menurunkan minat para pembaca. Maka hal ini anda harus perhatikan dalam segi penulisan.

11. Kurangi Penggunaan Huruf Bold, Italic, Underline

Dalam membuat artikel anda coba jangan terlalu banyak menggunakan huruf bold, italic, underline karena akan mengganggu para pembaca dalam menentukan topik atau ide pokoknya. Maka untuk membuat tulisan seperti itu sebaiknya anda hindari.

12. Gunakan H1, H2, dan H3

 

Dalam pembuatan artikel di dalam blog memang sudah disediakan hanya saja anda sering tidak mementingkan hal ini. Padahal dalam menggunakan h1, h2 dan h3 atau lihat gambar dibawah ini. Menggunakan H1, H2 dan H3 merupakan alternatif yang bisa membantu dalam membuat kata kunci atau keyword pencarian google.

13. Gunakan Gambar yang Memadai

Dalam setiap artikel yang anda posting lebih baik memiliki gambar agar para pembaca lebih asyik berada di website anda.

Baca Juga :


Itulah cara membuat artikel SEO berkualitas, baik untuk website anda agar website anda mendapatkan rank di google. Semoga sajian ini bermanfaat bagi semuanya dan para pembaca, silahkan anda tinggalkan jejak dengan mengisi kolom komentar. terima kasih.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

10 Responses to "13 Cara Membuat Artikel SEO Berkualitas untuk Website Anda"

  1. ini nih yg ane cari infonya, tx gan

    BalasHapus
  2. thanks gan semoga bermnfaat

    BalasHapus
  3. makasih infonya ane masih noob tentang SEO :D

    BalasHapus
  4. Gk usah ngejelasi tentang seo, kalau komentar orang hasil ngemis di fb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak masalah selagi hal tersebut memiliki nilai manfaat bagi orang lain, sekiranya anda tidak membutuhkan hal tersebut abaikan saja, saya tidak memaksa kehendak anda. terima kasih

      Hapus
  5. kalau blog yang membahas hal tertentu gimana tuh seonya mas ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaitkan saja SEO nya dengan konten yang anda buat gan

      Hapus
  6. ini dia yang saya cari". thanks gan

    BalasHapus
  7. wah boleh dicoba nih ilmunya ..

    BalasHapus

Silahkan Anda berkomentar sesuai topik yang bersangkutan !
Dilarang menyematkan tautan link aktif !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel